About

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertise Here

Gadgets

Manusia yg Galau


  Mungkin sudah banyak yg tau kalo sebelum hari kamis adalah hari rabu. Namun mungkin masih sedikit yg belum tau kalo sesudah hari kamis adalah hari jumat. Gimana kata kata bajik gw? keren? ya enggak lah!.
  Semenjak gw nulis di blog, gw gak tau apa fungsi tombol TAB di keyboard. Kayaknya gak ngaruh apa apa terhadap tulisan gw. Tapi kali ini gw gak mau bahas tentang hari ataupun tombol keyboard. Kali ini gw mau berbagi sesuatu tentang masa SMA yg gw jalanin saat ini.

   Sudah tahun kedua gw di SMA, gw udah masuk jurusan, dan jurusannya adalah IPA. Setelah itu gw sering mendengar ada yg membanding bandingkan ipa dengan ips. Mereka membanding bandingkan dua jurusan ini seolah mereka tau apa yg akan terjadi nanti. Padahal elo juga gak ngerti amat.
   Contohnya saja, gw pernah dengar kalo masuk ipa, elo bisa enak nantinya kalo lanjutin ke kuliah. Mau itu berhubungan dengan ipa lagi ataupun yg berbanding terbalik dengan apa yg elo pelajari di ipa. It's ok. Gw sempat mikir, "hebat bener tuh anak ipa, anaknya siapa sih?" .
   Ada lagi yg beranggapan kalo kelas ipa atau jurusan ipa adalah kumpulan dari anak anak pintar di sekolah yg sedang mempersiapkan diri menjadi orang besar suatu hari kelak. Katanya lagi, kalo anak ipa itu cuman pintar matematika, kimia, biologi (bongkar bongkar perut kodok), dan fisika! siapa bilang? gw gak bisa empat empatnya! . Bahkan sejak gw dari sd (mungkin ada yg ngalamin), kalo bagi raport yg diliat nilai matematika atau ipa. Kalau bagus dipuji puji sedangkan pelajaran lain seperti bahasa, olahraga, ips, kalo sama bagusnya hanya dibilang "oh" atau sebagai pelengkap isi buku raport semata. Mau bagus, ya biasa aja.

   Kalau anda bawa satu buah buku fisika ke kantin dan berbarengan dengan orang yg membawa dua buah buku sosiologi dengan penerbit berbeda, maka anda akan dianggap lebih pintar. Ya padahal sama sama pesennya teh manis juga. Ada lagi yg beranggapan bahwa kalo masuk ipa, nantinya gampang cari kerja. Gampang gimana? elo mau nunjukkin nilai ulangan persamaan trigonometri dan keahlian ngitung air yg tumpah dari gelas hadiah permen? Ya gak gitu juga kan.
   Akhir akhir ini gw baca tentang multiple intelligence. Intinya kecerdasan manusia itu beda beda (kalo sama sama, ya terima kasih). Kalo anak yg jago matematika tadi berarti ya emang dia pintar disitu, mungkin lebih mengarah kesitu. Biar gw jabarkan tipe tipe kecerdasan yg gw pernah baca dengan bahasa gw

  1. Kecerdasan Linguistik, kecerdasan dalam mengolah kata. Contohnya kalo elo sering bohong, sukses nipu, pokoknya kayak gitu deh. Kalo kata ki joko smart, cocoknya jadi politisi karena pandai mengolah kata biar rakyat ketipu akan janji manisnya.
  2. Kecerdasan Logis-Matematis, kecerdasan dalam hal angka dan logika. Kalo elo pintar ngitung berapa hutang yg elo punya, berarti mungkin termasuk dalam tipe ini. Kalo kata ki joko smart, gak cocok kerja di aer kalo gak bisa berenang, cocok jadi bendahara partai atau tukang hitung pasir di toko material.
  3. Kecerdasan Spasial dan Visual atau Visual dan Spasial, kecerdasan kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual (gambar) dan spasial secara akurat. Kalo elo sering ngebayangin hal hal mesum secara akurat, mungkin elo termasuk jenis ini. Kalo kata ki joko smart, cocok jadi pelukis makhluk halus di acara uji nyali.
  4. Kecerdasan Musik, adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Yang pintar nyanyi, bisa main alat musik atau konser di kamar mandi adalah jenis manusia yg termasuk dalam kecerdasan ini. Kalo kata ki joko smart, cocok jadi anggota soneta rhoma irama, personel kangen band, atau pengamen.
  5. Kecerdasan Interpersonal, mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka terhadap orang lain, kalo temen lagi butuh duit ya elo kasih, kalo temen butuh bantuan ya elo kasih, kalo pengemis lagi butuh duit ya jangan elo kasih, kerja sendiri!. Kalo kata ki joko smart, cocok jadi pembawa acara orang pinggiran atau tukang obral tisu.
  6. Kecerdasan Intrapersonal, kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Biasanya sering menyendiri, lalu tiba tiba kesurupan. Kalo elo merasa sering galau tentang masa depan atau suka kata kata bijak, ya elo pikir sendiri. Kalo kata ki joko smart, cocok jadi pemburu binatang atau pendingin gunung berapi.
  7. Kecerdasan Kinetik-Jasmani, kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Yang suka salto, joget, atau jago olahraga, mungkin termasuk tipe ini. Kalo kata ki joko smart, cocok jadi pemandu acara joget di tv atau atlet biji karet.
  8. Kecerdasan Naturalis, kecerdasan terhadapa lingkungan dan alam. Suka berkebun, naik ke puncak gunung untuk berkebun, atau mencangkul yg dalam untuk berkebun, termasuk tipe ini. Kalo kata ki sukmo (ki sukmo menggantikan ki joko smart yg sedang istirahat, karena dari tadi kebanyakan ngomong), cocok jadi dukun, penebang liar, atau pemburu satwa langka.

  Nah itu tipe kecerdasan manusia, kalo mau tau lebih banyak cari sendiri. Tapi kalo mau tau kehidupan aku sehari hari , kirim saja sms dengan ketik "namamu" kirim ke 9898. 2000/sms tapi kalo gak mau, gak papa.
 
  

0 komentar:

Posting Komentar